Jumat, 17 Oktober 2014

Tips/ Cara Menambah Nafsu Makan Dengan Mudah

Leave a Comment
Tips/ Cara Menambah Nafsu Makan Dengan Mudah – Malas makan atau kurang nafsu makan adalah hal yang sering dialami yang penyebabnya bisa dikarenakan oleh faktor fisik maupun faktor psikologis. Disaat orang sakit atau adanya gangguan kesehatan berhubungan dengan pencernaan terkadang akan memiliki nafsu makan berkurang. Sedangkan untuk faktor psikologis, nafsu makan berkurang bisa dikarenakan seseorang yang sedang sedih, stress, atau depresi.

Kurangnya nafsu makan tentunya tidak dapat dibiarkan terjadi berlama-lama, hal ini disebabkan bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan agar berkembang serta persediaan sumber energi untuk dapat beraktivitas. Terlebih lagi semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh juga berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi nafsu makan berkurang anda yang dapat anda praktekkan:

1. Konsumsi Pepaya
Sejak dahulu pepaya sudah banyak digunakan dalam menambah nafsu makan. Untuk buah pepaya yang sudah matang cukup dengan mengkonsumsinya saja secara teratur. Sebenarnya obat ampuh dari papaya dalam menambah nafsu makan adalah daunnya. Daun papaya dapat dibuat menjadi beragam masakan dengan bahan lainnya. Oleh sebab itu cara ini dapat menjadi alternatif lain apabila orang yang tidak suka dengan daun pepaya.

Cara lain dalam mengolah daun papaya yaitu dengan menumbuk daun pepaya lalu beri air secukupnya kemudian saring ramuan daun pepaya itu untuk dapat diminum. Khasiat dari daun pepaya adalah dapat menyegarkan tubuh, menambah nafsu makan, serta membunuh cacing penghambat pertumbuhan pada sistem pencernaan.

2. Konsumsi Pisang Ambon
Pisang ambon selain bergizi ternyata sangat ampuh dalam membantu menambah nafsu makan Anda Caranya sangat mudah yaitu dengan menyisir pisang ambon dengan menggunakan sendok setelah itu tambahkan 2 sendok madu, aduk hingga untuk kemudian dapat dikonsumsi.

Lakukan secara rutin baiknya setiap hari dan kurang sebulan pasti akan terlihat perubahan dan hasilnya. Disamping itu untuk menambah keampuhannya juga bisa memadukan dengan minum susu putih full cream disaat akan tidur.

3. Sering Tertawa
Dengan tertawa sebenarkany juga dapat menumbuhkan tingkat nafsu makan seseorang, dimana ketika kita tertawa maka tubuh akan lebih santai serta membebaskan diri dari pikiran stress.

Saat stress, orang pasti akan malas untuk makan karena sedang dalam suasana hati yang kurang baik atau sedih. Oleh karena itu, sedapat mungkin untuk menghindari stress agar tingkat nafsu makan tetap baik. Cobalah cari sesuatu yang dapat membuat Anda tertawa.

4. Buah Jeruk
Jeruk memilik kandungan vitamin C yang banyak dimana sudah terbukti dapat membantu peningkatan nafsu makan juga mampu menjaga keseimbangan daya tahan tubuh. Olehnya itu untuk menambah nafsu makan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah jeruk segar secara teratur.

5. Rajin Berolahraga
Olahraga merupakan kegiatan yang sangat direkomendasikan karena sangat bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat berolahraga terbukti dapat meningkatkan sistem detak jantung juga dapat membantu pembakaran kalori, dimana akan meningkatkan nafsu makan secara alami.

Maka agar dapat menambah nafsu makan cukup dengan melakukan olahraga, tidak mesti dengan olahraga yang berat. Dengan olahraga kecil seperti jogging secara rutin juga sudah dapat membantu dalam menambah nafsu makan Anda.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



0 komentar:

Posting Komentar