Rabu, 18 Desember 2013

Memaksimalkan/ Meningkatkan Pendapatan Google Adsense

Leave a Comment

Ada banyak cara untuk memaksimalkan pendapatan Google Adsense. Pemilik website dapat mengunakan strategi yang bermacam macam untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal dari Google Adsense. Tidak ada bentuk resmi dari strategi strategi ini. Apapun strategi anda, anda yang memutuskan, meskipun demikian strategi atau tips dibawah ini dapat anda jadikan panduan untuk memaksimalkan pendapatan Adsense anda:

1. Meningkatkan Traffic Website
Karena penghasilan iklan Google Adsense berdasarkan CPC ( cost-per-click ) dan CPM ( cost-per-thousand-impression ) maka semakain banyak pengunjung ke website anda semakin banyak pula kesempatan penghasilan yang akan didapat dari Google Adsense. Para meilik website sadar pada kenyataani ini sehinga mereka mengunakan berbagai macam strategi untuk menghasilkan traffic yang tinggi ke website mereka (Traffic Generation). Supaya artikel-artikel anda mendapat tayangan dengan jumlah tinggi, saya sarankan: sering posting artikel yang berkualitas, baik judul, konten artikel, dan deskripsi artikel hendaknya mengandung keyword yang tinggi sehingga mudah untuk ditemukan oleh orang. Untuk meneliti keyword anda bisa gunakan Google Adwords: Keyword Planner.

2. Converting Traffic to Clicks
Klik nampaknya jalan terbaik untuk menambah pendapatan melalui Adsense. Penempatan iklan dan warna merupakan unsur terpenting dalam menciptakan sebuah “klik”. Sebuah content yang menarik membuat pengunjung betah berlama lama mengunjungi website anda dan jika anda menerapkan iklan tepat pada tempatnya baik bentuk (ukuran) dan warnanya (warna background dan link iklan) maka 99% akan terjadi klik pada iklan adsense anda. Disamping itu usahakan iklan anda terlihat seperti isi dari website tersebut sehingga kemungkinan 100% pasti terjadi klik pada iklan adsense anda.

3. Attracting High Value AdSense Ads
Disamping traffic yang tinggi, pendapatan anda akan sangat tergantung dari nilai sebuah iklan yang ditampilkan. Ada beberapa kata kunci “keyword” yang dapat menampilkan iklan dengan harga klik yang sangat mahal. Harga sebuah klik di Adsense berkisar antara $0,4 - $7, jadi jika anda dapat menampilkan iklan dengan nilai diatas $3 maka silahkan hitung sendiri pendapatan anda jika pengunjung website anda 100/hari atau lebih. Jadi, beberapa iklan dapat menghasilkan nilai yang sangat tinggi daripada yang lain jika website anda mengandung kata kunci tertentu. Anda juga bisa memonitor harga iklan yang ditawarkan sesuai dengan kata kunci yang ditawarkan dengan menganalisa melalui Google Adwords: Keyword Planner.

4. Menggunakan Ukuran Iklan Yang Disarankan
Berikut adalah beberapa ukuran (size) iklan yang disarankan untuk digunakan:

336 x 280 : Large Rectangle
300 x 250 : Medium Rectangle
728 x 90: Leaderboard
160 x 600: Wide Skyscraper

Ini salah satu tips untuk meningkatkan pendapatan Adsense. Dari beberapa ukuran iklan di atas, disarankan untuk menggunakan format iklan Image or Text Ads. Dengan memblokir tipe dan kategori iklan, maka kompetisi iklannya akan menurun. Dan ini juga akan menurunkan CPM dari iklan yang ditampilkan. Lebih disarankan untuk menggunakan kedua tipe iklan yakni Image or Text Ads. Perlu diperhatikan bahwa untuk saat ini Google Adsense hanya mengizinkan untuk memasang maksimal 3 unit iklan (Image or Text Ads/ iklan multimedia), 2 unit iklan (Text Ads Only), dan 1 mesin telusur/ penulusuran khusus (Google Custom Seacrh Engine) pada situs anda.

5. Penempatan Iklan
Penempatan Iklan juga sangat berpengaruh penting untuk meningkatkan/ memaksimalkan pendapatan Google Adsense anda. Cobalah menempatkan iklan dimana artikel yang menjadi sasaran utama para visitor tidak terletak terlalu jauh dengan iklan yang anda pasang. Lihat contoh penempatan iklan di bawah ini:

PRIMARY MENU

LOGO/ TITLE WEB

ADS 728x90 (Leaderboard)
SECONDARY MENU

ADS 336x280
(Large Rectangle)






POSTINGAN ARTIKEL/
KONTEN WEB

WIDGET BLOG PADA SAIDEBAR


ADS 300x250 (Medium Rectangle)
atau
ADS 160x600 (Wide Skyscraper)
atau
ADS 300x600
(Sesuaikan dengan template web)

WIDGET BLOG PADA SAIDEBAR

OPSI LAIN: ADS/ IKLAN BISA DI PASANG DI BAGIAH BAWAH SETELAH POSTINGAN ARTIKEL WEB

FOOTER

(Pada contoh di atas, warna kuning adalah letak untuk penempatan ads/ iklan adsense, kita perlu berimprofisasi dalam penempatan iklan untuk mendapatkan klik. Tentunya letak iklan harus mudah dijangkau oleh pengunjung web/ blog)

6. Organic Traffic
Iklan dari Google Adsense akan memberi profits kepada anda jika sumber nya berasal dari mesin pencari (search engine). Yang dimaksud Organic Traffic adalah dimana website/ blog kita dikunjungi oleh orang yang berasal dari manca negara (bukan hanya Indonesia). Jika anda berhasil mendapat target kunjungan dari negara-negara luar seperti USA, UK, atau Australia, maka nilai “klik” (CPC) nya semakin tinggi. Beberapa orang juga berpendapat sumber link yang kita dapat juga mempengaruhi besarnya pendapatan Adsense kita, jadi saya sarankan agar web/ blog anda sudah terdaftar diberbagai mesin telusur seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain. Tentunya jika anda ingin menarik visitor dari manca negara, beberapa artikel yang anda posting harus menggunakan Bahasa Inggris dengan kata kunci yang sudah di targetkan.


0 komentar:

Posting Komentar