Sabtu, 14 Desember 2013

8 Cara Ampuh Menghilangkan/ Mengatasi Jerawat Secara Alami

Leave a Comment
Jerawat (Acne Vulgaris) merupakan suatu peradangan yang terjadi disekitar kelenjar-kelenjar dan pori-pori, terutama pada wajah. Jerawat ini disebabkan karena adanya minyak (sebum) yang terlalu banyak. Selain faktor hormon juga mempengaruhi, gejala ini biasa terdapat pada orang-orang yang sedang dalam masa puber. Karena kelnjar-kelenjar pada usia ini menjadi lebih aktif, getah-getah yang dibuatnya menjadi lebih banyak, juga kelenjar-kelenjar minyak yang terdapat dalam kulit.

Menghilangkan jerawat bisa dibilang gampang susah karena kadang setelah hilangnya jerawat maka timbul flek hitam / bekas jerawat yang membuat kita jadi tidak percaya diri seperti scar di wajah misalnya(bopeng). Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat secara alami untuk hasil yang lebih maksimal dan tidak menimbulkan flex/bekas jerawat:

Tips Cara Menghilangkan Jerawat:

  1. Jeruk nipis - Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk nipis ini cukup mudah. Campurkan perasan/jus jeruk nipis ini dengan air mawar lalu oleskan di wajah yang berjerawat. Biarkan hingga kurang lebih 20 - 15menit. Lalu bilas dengan air hangat. Jeruk nipis ini bermanfaat untuk mengobati jerawat dikarenakan banyak mengandung citric acid dan vitamin C yang terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Citric acid ini juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat memicu timbulnya jerawat. Jika anda ingin hasil yang maksimal, lakukan metode ini secara rutin. Harap diperhatikan, jangan terlalu lama dalam prosesnya jika kulit anda terlalu sensitif.
  2. Putih Telur - Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan putih telur. Caranya, pisahkan putih dan kunig telur kemudian ambil putih telurnya saja. Kocok lalu oleskan, diamkan selama 20 – 15 menit. Putih telur ini bermanfaat untuk mengurangi minyak di wajah yang bisa menyebabkan jerawat. 
  3. Pasta Gigi - Silahkan gunakan pasta gigi yang berbentuk pasta saja (berwarna putih), jangan gunakan yang gel. Kemudian oleskan pasta gigi secukupnya pada bagian yang berjerawat sebelum anda tidur. Biarkan sampai pagi hari, bilaslah dengan air segar dan silahkan lihat hasilnya. 
  4. Es Batu - Gunakan es batu untuk mengkompres jerawat anda. Ambil es batu secukupnya, gunakan handuk atau sejenisnya. Kompres jerawat yang ada dengan es batu kurang labih 10 – 15 menit. Es dapat menenangkan kulit, dan menutup pori-pori yang besar pada kulit anda, serta dapat mengurangi penyebaran infeksi. 
  5. Baking Soda - Ambil baking soda secukupnya, campurkan dengan sedikit air. Anda dapat menggunakan baking soda dan air ini sebagai sabun pencuci wajah. Perlu diperhatikan, jangan terlalu keras pada saat menggosok wajah anda, lakukan dengan lembut dan perlahan dan juga jangan terlalu lama. Karena dikhawatirkan kulit anda menjadi kering, jika kulit anda tipe nya sangat sensitif. Cara ini juga berfungsi untuk menghilangkan noda bekas jerawat (scar). 
  6. Madu - Oleskan madu pada area yang berjerawat, biarkan beberapa saat (seperti masker wajah). Disarankan anda bisa menggunakan madu pada wajah anda jika mau tidur. Madu merupakan cara mengatasi jerawat yang paling baik dan ampuh. 
  7. Aloe Vera - Ambil gel yang ada pada daun lidah buaya (Aloe Vera), oleskan pada area yang berjerawat, biarkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat. Study membuktikan bahwa 90% luka atau sakit pada kulit dapat dengan tuntas disembuhkan dengan aloe vera dalam 5 hari. 
  8. Tomat & Mentimun - Setiap malam gosoklah wajah yang berjerawat itu dengan buah tomat matang yang dibelah atau dengan mentimun. Silahkan pilih salah satu dan selalu lakukan metode ini dengan rutin untuk hasil maksimal.

Tips Perawatan Secara Umum:

Rajinlah membersihkan wajah anda (bisa menggunakan sabun wajah yang menurut anda cocok). Cucilah wajah anda secara rutin setiap mandi, dan sehabis aktivitas yang dapat membuat wajah anda kotor. Kurangilah makan makanan yang berminyak (goreng-gorengan) dan berlemak tinggi (kacang-kacangan, dll). Disarankan untuk mengkonsumsi banyak buah-buahan terutama yang banyak mengandung vitamin C dan melakukan olahraga.

Perhatian:
Hentikan kebiasaan memijit-mijit/ memencet jerawat, karena itu hanya akan membuat jerawat bertambah subur dan dapat meninggalkan bekas pada wajah. Perhatikan juga gaya hidup anda, hindari atau kurangi kebiasaan minum minuman bersoda atau beralkohol dan rokok.


0 komentar:

Posting Komentar