Sabtu, 28 Desember 2013

Cara Diet Sehat – Memilih Makanan Sehat di Usia 40 tahun ke Atas

Leave a Comment
Jika saat ini anda sudah memasuki usia 40 tahun, maka sudah saatnya anda mulai memperhatikan pola makan anda. Sudah saatnya anda melakukan diet sehat. Hal ini disebabkan karena memasuki usia  40 tahun adalah usia dimana sesorang mulai terkena masalah dengan persendian, kepadatan tulang, hiperpetensi, dan lain-lain. Tips diet kali ini adalah informasi beberapa makanan pilihan untuk diet bagi anda yang berusia 40 tahun ke atas:

Beras merah sebagaimana beras pada umumnya adalah berfungsi untuk mencukupi paokan energi di mana setiap cangkirnya memasok 88% kebutuhan pangan di dalam tubuh. Tetapi beras merah memiliki kelebihan dibandingkan dengan beras biasa, yaitu kandungan 67% vitamin B, 80% vitamin B1, 90% vitamin B6, 60% zat besi dan serat yang terdapat pada beras merah masih utuh,  belum rusak sebagaimana yang terjadi pada beras biasa.

Telur sangat baik untuk melindungi jantung dan pembuluh darah. Studi menunjukkan bahwa protein dalam kuning telur dapat memperlambat waktu pembentukan fibrinogen, protein di dalam darah diubah menjadi fibrin, yaitu zat penting yang mengakibatkan pembekuan darah. Darah yang beku inilah awal dari terjadinya serangan jantung dan stroke. Tapi, walaupun kuning telur dapat menghambat pembekuan darah, jika berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Hendaknya ilih telur yang berasal dari ayam yang terbebas dari pakan buatan seperti pakan ayam petelur dan pedaging.

Katarak umumnya menyerang pada hampir setiap orang di atas 60 tahun. Cara mencegah penyakit ini adalah dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau khususnya bayam. Hal ini disebabkan, bayam mempunyai banyak kandungan lutein. Lutein inilah yang merupakan perlindungan efektif dari katarak. Studi di Harvad School menemukan bahwa wanita yang cukup mengkonsumsi luletin 2 kali seminggu lebih sedikit.

Pembekakan, nyeri dan sakit persendian cenderung mendera di usia 40 tahun ke atas. Untuk itu anda butuh ikan agar anda terlindung dari rasa nyeri anda. Ikan dengan kandungan lemak omega 3-nya akan melindungin anda. Selain itu kandungan DHA dan EPA yang sangat tinggi akan mencegah anda terkena hipertensi (tekanan darah tinggi).

Jangan remehkan air putih. Air putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan anda, diantaranya adalah menyejukkan badan, mempermudah proses pembungan, melancarkan sirkulasi darah, mencegah sembelit, mencegah batu ginjal, mengaktigkan enzim dan kehidupan bakteri dalam usus, menjaga kulit tetap halus, mengurangi resiko kandung kemih, dan lain-lain. Untuk itu anda harus minum air putih minimal 2 liter/hari setara dengan 10 gelas penuh.



0 komentar:

Posting Komentar