Senin, 03 Maret 2014

Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Jantung

Leave a Comment
Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Jantung - Penyakit jantung biasanya terjadi akrena kerusakan sel otot-otot jantung dalam memompa aliran darah keseluruh tubuh, yang dapat disebabkan karena kekurangan oksigen yang dibawa darah ke pembuluh-pembuluh darah di jantung. atau juga karena terjadi kejang pada otot jantung yang menyebabkan kegagalan organ jantung dalam memompa darah. 

Penyakit jantung atau sakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang perlu kita waspadai. Seperti yang kita tahu bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit pemicu kematian tinggi didunia. Jadi, alangkah baiknya dari sekarang jika kita mengetahui lebih banyak akan gejala, ciri-ciri, jenis, penyebab, dan pencegahan penyakit jantung. Dengan begitu kita dapat mawas diri dan berantisipasi untuk menjaga kesehatan kita, khususnya kesehatan jantung.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit jantung yang patut diwaspadai:

1. Angina (Angin Duduk/ Penyakit Jantung Iskemia)
    Gejalanya:
  • Penderita merasa nyeri yang mencekam atau mencengkram didada bagian tengah bisa menjalar keseluruh dada, punggung dan bagian atas leher atau rahang, kebawah sisi lengan bagian dalam terutama pada lengan bagian kiri.
  • Nyeri akan berkurang jika penderita istirahat.
2. Serangan Jantung
    Gejalanya:
  • Penderita merasa nyeri disekitar dada bagian tengah dan sekitar punggung hingga leher dan lengan bagian bawah kiri. dan lebih berat berlangsung sekitar 30 menit bahkan bisa lebih.
  • Berkeringat dingin, sesak nafas dan mual (muntah-muntah).
3. Jantung Koroner
    Penyebabnya:
  • Kerusakan jantung pada pembuluh darah koroner, hal ini dapat disebabkan karena aliran darah tidak lancar ke pembuluh darah koroner yang disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah (arterosklerosis), yang menyebabkan kematian secara bertahap pada syaraf di koroner.
  • Atau juga karena pengerasan pada pembuluh darah arteri di jantung (arterosklerosis).
4. Aritmia (Gangguan Irama Jantung)
Kelainan denyut pada jantung, dimana terjadi ketidakseimbangan irama denyut jantungkearah lebih cepat yang disebabkan karena kejang otot di pembuluh darah jantung dan juga stress.
Penyebabnya:
  • Kegagalan jantung, pompa berhenti, tekanan darah yang terlalu tinggi atau kolesterol yang berlebihan yang menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah, sehingga sel jantung tidak mendapatkan makanan, secara berkala terjadi kerusakan dan menyebabkan kegagalan jantung. 
  • Faktor lemah jantung karena keturunan atau cacat pada saat balita.

Gejala Umum Orang Terkena Penyakit Jantung:

  1. Sering merasa kelelahan.
  2. Nyeri di dada.
  3. Mudah berkeringat.
  4. Sering mengalami sakit kepala.
  5. Mual.
  6. Kecemasan.
  7. Merasa nyeri di tubuh (biasanya di lengan bagian kiri, bahu, punggung, serta leher dan rahang).
  8. Denyut jantung tidak teratur.
  9. Sesak nafas.
  10. Pembengkakan (biasanya dibagian pergelangan kaki dan perut).

Pencegahan Penyakit Jantung:

  1. Beristirahat yang cukup dan melakukan olahraga ringan minimal seminggu 3x untuk menjaga kesehatan jantung (Senam Jantung Sehat).
  2. Kurangi makanan berlemak dan minuman beralkohol juga bersoda. hindari merokok, dan begadang.
  3. Jangan mengangkat beban berat terlalu sering.
Semoga artikel tentang "Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Jantung" dan tips untuk pencegahan penyakit jantung ini dapat bermanfaat untuk anda semua.


"JAGALAH KESEHATANMU SEBELUM DATANG MASA SAKITMU"


0 komentar:

Posting Komentar